Jumat, 14 Desember 2012

Cara Install Joomla

Cara Install Joomla di Localhost atau Komputer Lokal


Setelah kita belajar Install Xampp sekarang kita akan mempelajari bagaimana Cara Install Joomla. Sebelumnya ane panggil anda "agan" saja ya biar lebih akrab gitu deh, Ok sekarang kita konsen mempelajari CMS Joomla. Ada baiknya agan tahu terlebih dahulu apa yang namanya Joomla sebelum mempelajari bagaimana Cara Install Joomla pada komputer agan. Joomla adalah Sistem manajemen konten atau lebih dikenal dengan CMS yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan menggunakan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. 

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basis datanya. Setelah kita mengetahui sepintas tentang Joomla, berikut ini ane akan jelaskan bagaimana  supaya website joomla kita bisa dijalankan dikomputer agan semua melalui server lokal (localhost).

Cara Install Joomla buat orang yang awam tentang joomla adalah sebagai berikut :

1. Buat database terlebih dahulu, caranya agan buka di browser agan boleh google chrome atau mozilla, ketikan pada kolom alamat localhost/phpmyadmin atau 127.0.0.1/phpmyadmin lalu tekan enter dan buat database pada kolom create new database seperti gambar di bawah ini (Jangan lupas simpan atau ingat nama databasenya)

install joomla1

2. Setelah membuat database kita exstract file Joomla Installer yang tadi agan download menggunakan winrar atau aplikasi untuk exstract file di folder htdoc, cara nya agan buka my computer > disk C > folder xampp > htdocs, lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini

install joomla2

3. Setelah selesai extract file Joomla di htdocs (folder bisa diganti namanya sesuai keinginan agan) tapi biarkan saja default, buka lagi browser anda dan ketikan localhost/joomla akan muncul gambar seperti dibawah ini, lalu tekan Next.

install joomla3

4. Tekan Next lagi seperti gambar di bawah

install joomla4

5. Tekan Next lagi seperti gambar di bawah

install joomla5

6. Isi lengkap beberapa setingan,
  • Database Type : MySql
  • Hostname : localhost
  • Username : root
  • Password : kosongkan saja 
  • Database name : Isi dengan nama database yang kita buat di depan tadi
  • Table prefix : biarkan saja
  • Old database procrss : pilih backup
install joomla6

7. Tekan Next lagi seperti gambar di bawah ini 

install joomla7

8. Isi beberapa setingan lagi seperti berikut 
  • Site Name : Isi dengan nama website agan ( Contoh : Belajar website dengan CMS )
  • Your Email : isi dengan email agan
  • Admin Username : Isi dengan username sesuai agan inginkan
  • Amind Password : Isi dengan password yang agan inginkan
  • Confrim admin password : Samakan dengan password yang tadi dibuat
  • Tekan tombol Install Sample data kalau agan pingin websitenya sudah berisi kontent bawaan (boleh juga tidak di clik) 
  • Tekan tombol Next
9.  Tekan tombol Remove Installation folder, dari tahap ini agan sudah selesai instalasi website joomla, SELAMAT. Silahkan masuk/login ke panel admin menggunakan username dan password yang agan tadi buat.

Demikin Cara Install Joomla, mudah kan dan ternyata buat website tidak sesulit yang kita pikirkan. Baca juga artikel yang lain ya gan biar lebih paham mengenai CMS Joomla.






1 komentar:

  1. gan ko di step 2 ga bisa bisa ya ? databasenyase eror , padahal udah bener kenapa ya ?

    BalasHapus